First in December

Aku menggosokkan kedua tanganku dengan cepat. Udara pagi ini memang dingin – sangat dingin bahkan. Kedua tanganku yang dibungkus oleh sarung tangan wol saja sudah seperti membeku. Untung saja, aku memakai mantel dan syal. Kalau tidak… Uh! Membayangkan apa yang akan terjadi membuatku menggigil kedinginan.

Pagi itu merupakan hari pertama di bulan Desember. Menurut tradisi kota, kami diwajibkan untuk pergi ke sebuah jembatan kecil yang melintasi sungai yang ada di sana, menjatuhkan satu kelopak bunga berwarna putih dari tengah-tengah jembatan ke sungai, kemudian berdoa serta mengucapkan permohonan-permohonan yang diinginkan. Niscaya permohonan itu akan terkabul.

Tapi! Kegiatan itu harus dilakukan pagi-pagi.

Oleh karena itu, di sinilah aku. Berdiri di dekat jembatan yang dimaksud, berbalut mantel dan syal. Di tanganku, sudah ada kelopak bunga putih yang paling baik yang kutemukan. Kemudian, kujatuhkan kelopak bunga itu di air sungai yang jernih, bersama dengan puluhan – atau bahkan ratusan kelopak bunga lainnya. Setelah itu, kuucapkan permohonan.

“Semoga bulan ini menjadi bulan yang baik.” Aku menarik nafas dalam-dalam, kemudian melanjutkan permohonanku. “Diberikan kesehatan dan keberuntungan. Tidak ada nasib buruk, dan keluarga serta sanak saudara dan sahabat selalu sehat. Dan…” Aku berhenti sebentar, “lindungi semua yang kusayang. Oh ya, mungkin bisa diberikan gadget baru.”

Aku nyengir sesaat ketika mengatakan kalimat terakhir. Setelah itu, dengan memasukkan kedua tanganku ke dalam saku mantel, kutinggalkan tempat itu sembari berucap, “Selamat datang Desember! Tolong jadi bulan yang baik, ya!”
.
.
[ First in December: END ]
– dan tanpa ia sadari, sehelai semanggi berdaun empat tertiup oleh angin dan hinggap tepat di bahunya.
.
.
Note: Semanggi berdaun empat perlambangan keberuntungan.

ae’s: Selamat bulan Desember, bulan terakhir di tahun 2013! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s